Tips Biar Makin Percaya Diri Saat Berjualan

Tips Biar Makin Percaya Diri Saat Berjualan (Source: pixabay.com)



Rasa percaya diri bukanlah sebuah bakat lahir yang diwariskan atau hal yang hanya bisa dimiliki oleh orang tertentu. Namun rasa percaya diri bisa dilatih dan dibiasakan.

Diantaranya ada 3 hal yang akan membuat Anda percaya diri dalam berjualan :


1. Menguasai Product Knowledge


Bayangkan kini Anda masih bersekolah dan berada di kelas matematika. Anda diminta guru untuk maju ke depan untuk mengerjakan soal di papan tulis. 


Apa yang Anda rasakan jika tidak mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut? Dan bagaimana yang Anda rasakan, jika ternyata soal tersebut sangatlah mudah untuk Anda kerjakan? Tentu Anda akan lebih pede jika tau jawabannya kan.


Sama dengan berjualan, ketika Anda sangat memahami produk yang Anda pasarkan, Anda akan dengan percaya diri, penuh senyuman dan tanpa ragu menjelaskan tentang produk Anda pada calon pembeli. 


Maka Saran saya kenali detail produk dengan jelas, bukan hanya komposisi atau fitur yang ada dalam produk, akan tetapi manfaat apa saja yang bisa didapat, masalah apa yang bisa diselesaikan, kelebihan apa yang ditawarkan, dan lain sebagainya.


2. Memahami Makna Berjualan yang Sesungguhnya


Mungkin selama ini Anda hanya tau jualan itu hanya kegiatan menukar barang dengan uang yang disepakati penjual dan pembeli.


Nah dengan pemaknaan di atas seringkali membuat banyak penjual baper ketika jualannya ditolak. Akhirnya menyebabkan banyak penjual yang kemudian tidak percaya diri karena tak kunjung mendapatkan penjualan.


Padahal Jualan juga merupakan sebuah kegiatan tolong menolong dan menebar manfaat. Setiap produk pastinya dibuat dengan memiliki nilai atau manfaat. Seperti bisa memenuhi kebutuhan, menyediakan solusi dari sebuah masalah, memiliki nilai tertentu bagi seseorang dll. 


Dengan kegiatan Jualan, sang penjual menawarkan sebuah produk untuk memenuhi kebutuhan orang tersebut, dalam kata lain sang penjual menolong sang pembeli, dan atas jasanya kemudian berhak memperoleh pembayaran. Dengan memahami ini harusnya say no baper lagi dong.


3. Menguasai teknik-teknik berjualan


Sama seperti kegiatan menari, Anda akan percaya diri untuk tampil di hadapan orang banyak jika sudah menguasai teknik-teknik menarinya. Sebagai pesulap akan makin lancar melaksanakan aksi Anda setelah menguasai teknik-teknik sulap. 


Begitu pula dalam aktifitas jualan, banyak pebisnis pemula tidak percaya diri dalam melakukan aktifitas jualan dikarenakan belum menguasai teknik-teknik yang diperlukan dalam berjualan.  


Semakin sang pebisnis memahami teknik-teknik tersebut, maka semakin percaya diri dia dalam melakukan penjualan. 

Berikut beberapa teknik yang setidaknya perlu dikuasai pebisnis pemula.


1. Teknik mengumpulkan prospek

2. Menguasai Produk yang dijual

3. Membuat kalimat promosi yang menarik

4. Teknik follow up dan closing

5. Cara meyakinkan calon pembeli


Sumber materi bertebaran dimana-mana, materi sharing whatsapp gratis, buku-buku bisnis, atau kursus online berbentuk video, salah satunya Ecourse Menuju 1 Milyar Dengan Tim Penjualan dan Ecourse Pro Mastery yang khusus untuk Anda yang menekuni dunia product digital creator. Tinggal Anda mau mempelajari atau mempraktekkannya atau tidak.


Semoga dengan membaca tips dalam artikel ini membuat Anda semakin pede lagi yah jualannya, Semangat! ^_^

Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah meluangkan waktu membaca artikel-artikel bermanfaat di blog MasAriAkbar ^_^

Untuk Navigasi Lengkap Silahkan Kunjungi Peta Situs


Baca Juga:

Langganan Via Email

Follow by Email

Powered by Blogger.
Copyright © | by: MasAriAkbar